Kategori
KESEHATAN

Kolesterol Rendah Tidak Menjamin Jantung Sehat

KOLESTEROL

Meskipun ditakuti oleh semua orang, dalam realitanya kita jarang melakukan pemeriksaan kolesterol sehingga tidak mengetahui kondisi kolesterol dalam tubuh. Padahal, kita akan kesulitan untuk melakukan pengendalian kadar kolesterol tubuh jika tidak mengetahui seberapa banyak kadar kolesterol dalam darah kita.

Jika sampai kolesterol sudah sangat tinggi, maka risiko untuk terkena penyakit jantung dan stroke akan meningkat. Hanya saja, jika kita memiliki kadar kolesterol yang rendah, apakah hal ini berarti kita sudah terbebas dari risiko terkena penyakit jantung?

Menurut pakar kesehatan, untuk memastikan apakah seseorang memiliki risiko terkena penyakit jantung atau tidak, maka pemeriksaan kadar kolesterol dilakukan dengan lengkap, baik itu kolesterol total, kolesterol jahat atau LDL, kolesterol baik atau HDL, dan kadar trigliserida. Perbandingan antara kadar kolesterol total dan kolesterol baik bisa menjadi penentu apakah kita berisiko terkena penyakit jantung atau tidak.

Sebagai contoh, jika kadar kolesterol darah total ada di angka 180 mg/dL, kita biasanya akan diberitahu bahwa kadar kolesterol masih berada di dalam kadar normal. Hanya saja, jika kadar kolesterol baik atau HDL hanyalah 30 mg/dL atau sangat rendah, maka hal ini menandakan bahwa perbandingan kolesterol total dengan kolesterol baik sangat tidak seimbang, yakni 6 berbanding 1. Hal ini menandakan bahwa kita memiliki risiko terkena penyakit jantung yang cukup tinggi.

Sementara itu, jika kadar kolesterol total mencapai 240 mg/dL atau seringkali dianggap sudah melebihi batas normal namun kadar kolesterol baik di dalam tubuh juga cukup tinggi, yakni 80 mg/dL, bisa jadi risiko terkena penyakit jantung tidak sebesar perbandingan sebelumnya.

Hanya saja, mengingat pakar kesehatan menyarankan kita untuk menjaga kadar kolesterol di bawah 200 mg/dL, ada baiknya memang kita sebaik mungkin menjaga kadar kolesterol total lebih rendah dari angka tersebut dan memastikan bahwa kadar kolesterol baik di dalam tubuh tetap tinggi sehingga mampu mencegah datangnya penyakit berbahaya.

Semakin tinggi tingkat kolesterol baik atau HDL, maka akan semakin baik untuk kesehatan. Ini karena HDL melindungi dari penyakit jantung. Tingkat HDL minimal 60 mg/dL atau lebih dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Sebaliknya, tingkat HDL kurang dari 40 mg/dL justru menaikkan risiko penyakit jantung.

Kolesterol jahat

Karena sifatnya yang jahat, LDL atau kolesterol jahat sebaiknya berada pada tingkat yang rendah atau dapat ditoleransi tubuh, yaitu kurang dari 100 mg/dL. Jumlah LDL 100-129 mg/dL dapat dikatakan sebagai ambang batas toleransi. Jika melebihi jumlah tersebut kolesterol jahat dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti ateroma, penyakit jantung, dan stroke.

Jumlah LDL 130-159 mg/dL dapat dikatakan memasuki ambang batas tinggi, dan jika jumlahnya telah mencapai 160-189 mg/dL sudah masuk level tinggi. Sedangkan jumlah LDL 190 mg/dL dan selebihnya, sudah berada pada level sangat tinggi.

Trigliserida

Lemak ini juga dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Jadi, semakin rendah tingkat trigliserida, maka akan semakin baik untuk kesehatan. Jumlah trigliserida 150-199 mg/dL dapat dikatakan berada pada ambang batas tinggi, dan jumlah 200 mg/dL atau lebih termasuk tingkat trigliserida tinggi. Sebagian orang memerlukan perawatan jika memiliki kadar trigliserida pada kedua level tersebut.

Kolesterol total

Kolesterol total merupakan gabungan dari jumlah kolesterol baik, kolesterol jahat, dan trigliserida dalam setiap desiliter darah. Biasanya, dengan melihat kadar kolesterol total dan HDL saja sudah dapat menggambarkan kondisi umum kadar kolesterol Anda. Namun, jika kolesterol total berjumlah 200 mg/dL atau lebih, atau HDL kurang dari 40 mg/dL, Anda perlu melakukan pemeriksaan kolesterol lengkap yang mencakup LDL dan trigliserida.

Kadar kolesterol yang kurang dari 200 mg/dL masih bisa ditoleransi. Jumlah kadar kolesterol 200-239 mg/dL sudah masuk pada ambang batas tinggi. Jika jumlahnya mencapai 240 mg/dL atau lebih termasuk tingkat kolesterol tinggi.

Penyembuhan & Pencegahan Dengan Suplemen Herbal
Dengan Mengkonsumsi Suplement Produk Synergy : Chlorophyl Plus , NoniPlus , Maximum Protein & Colostrum .

CARA ORDER & PEMBELIAN : klik

https://synergybizcenter.com/shop-detail/vQd6kx4l0b/DBVwoN7p7x

Lansung Order beli / Daftar mjd pelanggan dulu >Isi:
1.Nama email
2.Pasword
3. Nama Lengkap

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *